Tuesday 1 March 2016

cara merubah partisi hardisk tanpa software

Cara merubah partisi hardisk tanpa Software
Kali ini saya akan berbagi sedikit cara untuk merubah ukuran partisi hardisk tanpa Software, tanpa instal ulang, dan tentunya isi di dalam hardisk tersebut akan tetap aman.

Dan barang kali diantara sobat sekalian masih ada yang belum tau apa itu hardisk dan apa saja jenis-jenisnya bisa baca : -Macam-macam Hardware yang ada di dalam komputer beserta pengertiannya.

Sedikit saya singgung pengertian dari partisi sendiri itu apa sih? 

Partisi yaitu, pembagian isi hardisk. Kenapa harus di bagi? Supaya lebih memudahkan pengguna untuk menyimpan data-datanya, seperti misalnya system operasi dan datanya sendiri di bedakan. Kapan kita bisa membagi partisi tersebut? Secara normal biasanya kita bisa membagi partisi tersebut saat kita menginstal sistem operasi, tapi disini saya akan membuat sedikit perbedaan, dan cara ini sendiri sudah saya gunakan dan sudah terbukti.

Baiklah saya rasa cukup untuk penjelasan partisi hardisk dan langsung saja kita menuju topik pembahasan secara perlahan :
  1. Masuk ke Windows Explorer. Bisa juga tekan kombinasi keyboard Windows key+E
  2. Klik kanan pada My Computer/This PC.Cara merubah partisi hardisk tanpa Software
  3. Maka akan muncul beberapa pilihan dan pilih Manage.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini.Cara merubah partisi hardisk tanpa Software
  5. Lalu klik segitiga hitam kecil di samping tulisan storage dan pilih disk management. Maka akan muncul beberapa pilihan seperti gambar di bawah ini.Cara merubah partisi hardisk tanpa Software
  6. Langkah selanjutnya sobat tinggal klik kanan pada kotak-kotak di bawah maka akan muncul beberapa opsi dan pilih shrink volume untuk mengurangi partisi.
  7. Maka akan muncul jendela kecil dan isi berapa ukuran yang akan  sobat kurangi pada partisi hardisk yang sobat pilih tadi. Ingat ukuran dihitung menggunakan MB (mega byte).
  8. Tunggu beberapa saat maka akan muncul sebuah kotak baru yang bertuliskan Unallocated seperti gambar berikut.                                                Cara merubah partisi hardisk tanpa Software
  9. Selanjutnya sobat tinggal klik kanan pada partisi yang akan di tambah ukurannya.
  10. Lalu pilih Extend volume, jika ada peringatan klik saja next, lalu pilih berapa MB ukuran yang akan di tambahkan volumenya, lalu Finish.
TAMBAHAN :
Jika Partisi yang akan di tambah ukurannya/ di extend volume tidak bisa, maka sebaiknya cara ini dilakukan:
  1. Klik kanan pada Unallocated.
  2. Selanjutnya pilih New simple volume.
  3. Maka akan menjadi sebuah partisi baru, dan selanjutnya shrink volume pada seluruh ukuran yang ada pada partisi baru tersebut.
  4. Lalu klik kanan partisi yang akan di extend volume/di tambah ukurannya dan pilih semua yang ada pada partisi baru tadi dan klik finish.
Sekian tutorial tentang komputer kali ini, jangan ragu untuk membagikan postingan ini jika menurut anda postingan ini bermanfaat, karena jika ilmu itu di bagikan maka pahalanya akan terus mengalir walau dia sudah meninggal.

Bagikan

Jangan lewatkan

cara merubah partisi hardisk tanpa software
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Pilih sistem komentar yang Anda sukai..

No comments :

Berkomentarlah dengan bijak & sesuai dengan artikel diatas