Tuesday 23 February 2016

Macam-macam Hardware yang ada di dalam komputer beserta pengertiannya

Yap.. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang beberapa hardware yang ada dalam komputer. Seperti yang sudah kita ketahui di postingan saya sebelumnya yaitu pengertian hardware, software, dan brainware, bahwa Hardware merupakan bagian penting untuk sebuah komputer. dan sekarang kita akan membahas apa saja Hardware yang ada di dalam komputer. langsung menuju ke TKP, hehehe.

       1.Motherboard/Mainboard

Motherboard
  • Motherboard atau yang sering di singkat "mobo", yaitu bagian yang paling penting dari Hardware yang lain. Dillihat dari namanya saja Motherboard terdiri dari 2 kata, yaitu Mother yang artinya Ibu/Induk dan Board yang artinya papan, jadi Motherboard merupakan papan induk untuk menempelnya semua kabel dan Hardware yang ada dalam komputer. seperti yang kita lihat pada gambar diatas, bahwa Motherboard adalah Hardware komputer paling rumit. Dan tentunya kalau tidak ada bagian yang satu ini, tidak akan bisa disebut sebagai sebuah komputer.

       2. Power Supply.
Power Supply
  • Power Supply, yaitu bagian yang tak kalah pentingnya dengan Motherboard, karena Power Supply merupakan sumber daya listrik sebuah komputer, yang menghubungkan daya listrik ke seluruh Hardware tertentu.

       3. Processor/CPU (Central Processing Unit)

Processor
  • Processor, sering disebut sebut sebagai "otaknya komputer", karena processor yaitu Hardware yang menjalankan segala proses dan perintah yang di perintahkan oleh pengguna. Jadi semakin tinggi spesifikasi suatu Processor, maka semakin cepat dan bagus pula kinerjanya.

       4. Harddisk.
Hardisk
  • Harddisk, yaitu tempat penyimpanan utama pada sebuah PC atau laptop yang menyimpan data-data kita, termasuk OS dan data-data yang anda miliki lainnya.


       5. RAM.

Random Acces Memory
  • RAM (Random Acces Memory), yaitu tempat penyimpanan sementara pada saat komputer atau laptop kita dijalankan dan dapat di akses secara acak. RAM juga berfungsi untuk membantu procesor mempercepat pemrosesan data pada komputer kita. Jadi jika semakin besar ukuran pada RAM tersebut, maka akan lebih cepat pula kinerjanya.
       6. Heatsink Dan CPU Fan
Heatsink Dan CPU fan
  • Heatsink, yaitu peredam dan penyalur antara CPU fan dan Processor. Sedangkan CPU fan adalah kipas untuk mendinginkan Processor agar Processor tidak cepat panas dan bekerja dengan performa yang maksimal.

       7. VGA card.

VGA Card
  • VGA card, yaitu kepanjangan dari video graphics accelerator, yang berfungsi sebagai Hardware yang mempercepat video grafis pada komputer kita. Jadi apabila VGA kita spesifikasinya tinggi, maka akan semakin cepat dan bagus pula saat kita memutar video dan juga saat bermain game bagi para gamers tentunya.


Cukup sekian sedikit ilmu yang bisa saya bagikan kepada sobat sekalian.. Terima Kasih.



Bagikan

Jangan lewatkan

Macam-macam Hardware yang ada di dalam komputer beserta pengertiannya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Pilih sistem komentar yang Anda sukai..

No comments :

Berkomentarlah dengan bijak & sesuai dengan artikel diatas