Thursday 14 April 2016

18 nama lain Al-Qur'an yang perlu kita ketahui


Kitab Al-Qur'an, atau kitab akhir zaman ternyata tidak hanya memiliki 1 nama, tetapi kitab yang dibawa oleh nabi Muhammad ini mempunyai beberapa nama lain yang berasal dari ayat-ayat tertentu dari Al-Qur'an itu sendiri tetapi memakai istilah tertentu yang akan merujuk pada Al-Qur'an, atau bahasa gampangnya nama lain tersebut tidak keluar dari nama Al-Qur'an itu sendiri.

Baca Juga : Cara penggunaan harta dan hukumnya.

Dan baiklah langsung saja, ini dia 18 nama lain Al-Qur'an lengkap beserta arti dan dalilnya yang perlu kita ketahui sebagai umat muslim:
18 nama lain Al-Qur'an yang perlu kita ketahui

1. Al-Kitab (Buku)

"Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa." (QS. Al-Baqarah [2]:2)

2. Al-Bayan (Penerang)

"Inilah (Al-Qur'an) suatu keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Ali-Imran [3]:138)

3. An-Nur (Cahaya)

"Wahai manusia! Sesungguhnya telah sampai kepadamu bukti kebenaran dari Tuhan-mu, (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami Turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al-Qur'an)." (QS. An-Nisaa' [4]:174)

4. Al-Kalam (Firman/Ucapan)

"Dan jika diantara kaum musyrikin ada yang meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah agar dia dapat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah dia ke tempat yang aman baginya. (Demikian) itu karena sesungguhnya mereka kaum yang tidak mengetahui." (QS. At-Taubah [9]:6)

5. Al-Mau'idhah (Pelajaran/Nasihat)

"Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhan-mu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman." (QS. Yunus [10]:57)

6. Asy-Syifa' (Obat/Penyembuh)

"Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhan-mu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman." (QS. Yunus [10]:57)

7. Al-Hukm (Peraturan/Hukum)

"Dan demikianlah Kami telah Menurunkannya (Al-Qur'an) sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab. Sekiranya engkau mengikuti keinginan mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka tidak ada yang melindungi dan yang menolong engkau dari (siksaan) Allah." (QS. Ar-Ra'd [13]:37)

8. Al-Balagh (Penyampaian/Kabar)

"Dan (Al-Qur'an) ini adalah penjelasan (yang sempurna) bagi manusia, agar mereka diberi peringatan dengannya, agar mereka mengetahui bahwa Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang yang berakal mengambil pelajaran." (QS. Ibrahim [14]:52)

9. Adz-Dzikr (Pemberi peringatan)

"Sesungguhnya Kami-lah yang Menurunkan Adz-Dzikr (Al-Qur'an), dan pasti Kami (pula) yang Memeliharanya." (QS. Al-Hijr [15]:9)

10. Al-Busyra (Kabar gembira)

"Katakanlah, RuhulQudus(Jibril) menurunkan Al-Qur'an itu dari Tuhan-mu dengan kebenaran, untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri (kepada Allah)." (QS. An-Nahl [16]:102)

11. Al-Hikmah (Kebijaksanaan)

"Itulah sebagian hikmah yang Diwahyukan Tuhan kepadamu (Muhammad). Dan janganlah engkau mengadakan tuhan yang lain disamping Allah, nanti engkau dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan tercela dan dijauhkan (dari rahmat Allah)." (QS. Al-Israa' [17]:39)

12. Al-Furqaan (Pembeda antara yang benar dan salah)

"Maha Suci Allah yang telah Menurunkan Al-Furqaan (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya (Muhammad), agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam (jin dan manusia)." (QS. Al-Furqaan [25]:1)

13. At-Tanzil (Yang diturunkan)

"Dan sungguh, (Al-Qur'an) ini benar-benar Diturunkan oleh Tuhan seluruh alam." (QS. Asy-Syu'araa' [26]:192)

14. Ar-Rahmat (Karunia)

"Dan sungguh, (Al-Qur'an) itu benar-benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS. An-Naml [27]:77)

15. Al-Qaul (Perkataan/Ucapan)

"Dan sungguh, Kami telah Menyampaikan perkataan ini (Al-Qur'an) kepada mereka agar mereka selalu mengingatnya." (QS. Al-Qashash [28]:51)

16. Ar-Ruh (Ruh)

"Dan demikianlah Kami Wahyukan kepadamu (Muhammad) ruuh (Al-Qur'an) dengan perintah Kami. Sebelumnya engkau tidaklah mengetahui apakah kitab (Al-Qur'an) dan apakah iman itu, tetapi Kami jadikan Al-Qur'an itu cahaya, dengan itu Kami Memberi petunjuk sapa yang Kami Kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sungguh, engkau benar-benar membimbing (manusia) kepada jalan yang lurus." (QS. Asy-Syuura [42]:52)

17. Al-Basha'ir (Pedoman)

"(Al-Qur'an) ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini." (QS. Al-Jaatsiyah [45]:20)

18. Al-Huda (Petunjuk)

"Dan sesungguhnya ketika kami (jin) mendengar petunjuk (Al-Qur'an), kami beriman kepadanya. Maka barangsiapa beriman kepada Tuhan, maka tidak perlu ia takut rugi atau berdosa." (QS. Al-Jin [72]:13)

Akhir kata..

Mungkin cukup sekian pembahasan kita mengenai 18 nama lain Al-Qur'an yang perlu kita ketahui ala TKJjunior.. Jangan lupa bagikan postingan ini jika menurut Anda postingan ini bermanfaat :) Terima Kasih.

Bagikan

Jangan lewatkan

18 nama lain Al-Qur'an yang perlu kita ketahui
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Pilih sistem komentar yang Anda sukai..

No comments :

Berkomentarlah dengan bijak & sesuai dengan artikel diatas